Bulan Tampil Paling Cantik di Ramadan Tahun Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Awal tahun ini banyak pertunjukan yang dibatalkan karena corona. Tapi, masyarakat tetap mendapat sajian pertunjukan yang nyata dan tetap tapat dinikmati tanpa harus meninggalkan rumah karena pertunjukan itu terdapat di langit.

Bulan lalu, para penggemar skywatching telah dimanjakan oleh pemandangan Venus dan gugusan bintang Pleiades. Bulan ini, giliran bulan yang tampil mempesona. Pekan ini masyarakat akan kembali mendapat suguhan supermoon yang unik.

Supermoon yang unik ini sendiri disebut dengan flower moon. Diperkirakan, super flower moon akan mulai terlihat utuh pada Kamis (7/5) dan jadi kehadiran supermoon terakhir di tahun ini.

Pada tanggal itu, super flower moon masuk pada fase penuh dan tepat berada di seberang matahari. Kehadiran super flower moon ini sendiri dapat dinikmati selama beberapa hari mulai 5 Mei hingga 8 Mei.

Menurut Badan Antariksa AS (NASA), super flower moon ini sekaligus jadi penampilan bulan purnama terbesar ketiga pada tahun 2020. Penampilan paling unik sendiri dapat ditemukan saat bulan berada pada garis horison atau cakrawala.

Peneliti Senior National History Museum Amerika, Jackie Faherty, Ph.D mengatakan, pada momen tersebut, masyarakat dapat menikmati dua efek unik sekaligus. "Pertama, bulan akan terlihat dalam warna yang indah. Pada momen tertentu, bulan akan mengalami pergantian warna mulai dari merah muda hingga kuning," kata Jackie.

Kedua, pada momen itu bulan juga menghadirkan ilusi optik yang mengecoh. Saat itu bulan jadi terlihat seakan terlihat lebih besar dibanding biasanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan