Gepeng dan Anjal Menjamur, Dewan: Jangan Cuma Ditangkap, Perlu Juga Dibina

Selasa, 5 Mei 2020 21:28

Anak jalanan menyebar di sejumlah ruas jalan di Makassar.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menjamurnya aktivitas anak jalanan, gelandangan, dan pengemis selama bulan Ramadan di Makassar telah menjadi pemandangan rutin setiap tahunnya.

Mereka kebanyakan beraksi dengan cara mengemis, berjualanan tisu ataupun buku, dan modus lainnya.

Bahkan, situasi darurat bencana wabah Covid-19 pun tak menyurutkan langkah para anjal dan gepeng menyerbu ruas jalan protokol Kota Makassar.

Melihat ulah anjal dan gepeng yang telah menjadi pemandangan tahunan, DPRD Kota Makassar pun bereaksi.

Ketua Komisi D yang membidangi pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, Wahab Tahir meminta Pemerintah Kota Makassar tidak abai dengan para anjal dan gepeng. Terlebih saat ini Kota Makassar tengah menerapkan PSBB demi menekan persebaran Corona.

Pemandangan tersebut justru menyalahi aturan PSBB yang menganjurkan seluruh warga tetap di rumah.

“Jadi memang penyelesaiannya kasus ini tidak boleh parsial, harus komprehensif. Komprehensif ini tidak boleh hanya sekadar menangkap, tapi mereka juga harus dibina,” jelas Wahab Tahir kepada fajar.co.id, Selasa (5/5/2020).

Wahab mengatakan sebab kasus ini menjadi masalah tahunan karena tidak adanya pembinaan skill dari pemerintah sehingga mereka kembali turun mengemis di jalan.

“Karena mereka ini ditangkap tanpa dibina, kalau keluar pasti akan beraksi lagi di jalanan,” tegas Wahab.

Wahab lalu meminta pemerintah kota Makassar dalam hal ini Dinas Sosial untuk melihat kasus ini dengan jernih dan komprehensif. Sehingga ia menyimpulkan peristiwa sosial ini telah menyimpang.

Komentar


VIDEO TERKINI