Guru Plagiat dalam Menulis Karya Ilmiah, Itu Bentuk Perampokan

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID -- Rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Polewali Mandar menggelar pelatihan menulis dalam jaringan yang diberi nama Ngabuwrite.

Acara yang diselenggarakan dengan fasilitas zoom cloud yang disediakan LPMP Sulbar ini dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Mei 2020.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar, Andi Nursami MP, menyatakan, apresiasinya kepada IGI Polman yang telah menginisasi pelatihan menulis untuh guru- guru tersebut. "Kami juga terbuka menerima masukan dari para guru untuk kemajuan pendidikan di Polman," tuturnya lagi.

Ketua Umum PP IGI, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, selama ini IGI fokus pada peningkatan kompetensi guru, termasuk untuk kemampuan menulis guru.

"Di IGI, kami punya kanal Sagusaku yang telah menghasilkan ribuan buku. Guru-guru IGI juga sudah terbiasa memanfaatkan tekhnologi untuk pembelajaran. Masa pandemik Covid 19 ini saya anggap sebagai kebangkitan guru milenial, dan guru IGI sudan siap untuk itu," katanya lebih lanjut.

Pelatihan online yangmenghadirkan Dahri Dahlan, seorang Penulis dan Dosen Universitas Mulawarman ini diikuti 78 peserta dari berbagai daerah ini. Dengan model dialog, pelatihan yang dimoderasi oleh Ikhsan, seorang guru muda sekaligus mahasiswa salah satu universitas di Australia, berlangsung lancar.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah memberi motivasi dan pengetahuan penukisan kepada guru- guru. Pada babak pertanyaan, peserta menyambutnya dengan antusias. Hingga akhir acara, masih banyak peserta yang ingin bertanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...