Ngotot Ada Penonton, Rela Final Copa del Rey Tahun Depan

Selasa, 5 Mei 2020 06:58

Trofi Copa del Rey/David Ramos/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MADRID—Dua klub Basque yang akan bertarung di final Copa del Rey, Real Sociedad dan Athletic Bilbao mengumumkan niat mereka mengadakan laga puncak di depan para penggemar mereka. Keinginan itu membuat final sepertinya akan ditunda sampai tahun depan.

Dalam pernyataan resmi kedua kubu, mereka mengatakan bahwa Presiden Real Sociedad dan Athletic Bilbao sudah sepakat akan hal ini. Keduanya juga telah bertemu dengan presiden Federasi Sepakbola Spanyol, RFEF.

“Presiden Real Sociedad dan Athletic Bilbao telah setuju untuk meminta RFEF agar Final dimainkan secara terbuka, di depan umum dan secara resmi, pada tanggal yang akan ditentukan dan disepakati antara ketiga pihak yang terlibat,” demikian pernyataan itu.

Dijelaskan dalam pernyataan itu, final harus dinikmati bersama para pendukung. Makanya, dengan aturan sekarang mewajibkan seluruh pertandingan digelar tertutup, maka mereka mengajukan tawaran ini.

“Keinginan dan keinginan kedua klub selalu, sekarang dan sebelumnya, untuk bermain dan menikmati pertandingan final bersama dengan para pendukung. Inilah yang paling kami sukai. Final untuk dijalani bersama para pendukung kami di tribun,” lanjut pernyataan itu.

Pada saat yang sama, Real Sociedad dan Athletic Club menginginkan RFEF tetap menjamin bahwa final ini akan dimainkan sebagai kompetisi resmi dan karenanya akan dianggap sebagai gelar resmi.

Untuk tujuan ini, mereka telah meminta Sekretariat Jenderal RFEF untuk Komite Delegasi Majelis Umum RFEF, yang pertemuan berikutnya akan diadakan pada 8 Mei untuk mengadopsi perjanjian amandemen kalender yang akan memungkinkan final diadakan sebagai gelar resmi dengan dukungan dan kehangatan para penggemar kedua tim.

“Dengan keputusan ini, Real Sociedad dan Athletic Club ingin menyoroti salah satu acara olahraga paling bergengsi dan tradisional yang dapat dimainkan di seluruh dunia, unik dalam edisi ini, dan untuk melakukannya bersama dengan penggemar, pendukung, anggota dan mitra,” jelas pernyataan itu dikutip dari Football Italia.

Final ini memang sangat bersejarah bagi kedua klub. Selain berstatus derbi Basque, ini juga final yang sudah sangat lama dinantikan Real Sociedad maupun Athletic Bilbao. Makanya, mereka berusaha membuat fans mereka bisa menikmati pertandingan ini meski harus menundanya hingga tahun depan. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI