Perusahaan Wajib Berikan THR, Disnaker: Termasuk Karyawan yang Dirumahkan

Selasa, 5 Mei 2020 14:25

Ilustrasi THR

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Ketenagakerjaan mengingatkan perusahan agar menjalankan kewajibannya membayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawannya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menungkapkan perusahaan tetap harus memberikan THR ke karyawan atau pekerja. Meskipun di tengah kondisi ekonomi yang lesuh karena wabah covid-19.

Menurutnya, karyawan wajib mendapatkan THR karena merupakan hak pekerja yang telah berkontribusi dalam perusahaan tersebut.

“Jadi THR karyawan selama dia tercatat sebagai karyawan di perusahaan itu dan dia bekerja satu tahun dia berhak mendapatkan THR secara full. Walaupun dia dirumahkan tetap dapat THR,” ucap Bangsawan, Selasa (5/5/2020).

Terlebih saat pandemi corona, banyak pekerja yang dirumahkan dan tidak mendapatkan upah sama sekali.

“Justru itu yang berhak dapat THR apalagi dia tercatat sebagai karyawan di situ. Selama dia tercatat sebagai karyawan disitu maka dia berhak,” lanjutnya.

Menyikapi hal tersebut, Irwan membeberkan hari ini hingga 3 hari sebelum Idul Fitri mendirikan posko pengaduan, tepatnya di Kantor Disnaker Kota Makasaar, Jalan Andi Pangeran Pettarani No.72.

“Kepada seluruh karyawan untuk melaporkan ke Disnaker jika belum mendapat THR. Bisa langsung datang ke kantor kami jalan AP Pettarani,” bebernya.

Diketahui bagi perusahaan yang belum mampu membayar THR karyawan dapat dengan cara dicicil atau bertahap sesuai dengan kesepakatan karyawan dan atasan. (anti/fajar)

Bagikan berita ini:
5
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar