Program Baru Kemendikbud, Lulus SMK Langsung dapat Ijazah Diploma 2

Ilustrasi siswa SMK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi akan meluncurkan program SMK-D2 Fast Track. Lewat program ini, lulusan SMK tertentu bisa sekaligus mendapatkan ijazah Diploma 2 (D2).

Plt Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, Patdono Suwigjno menjelaskan, tujuan dari program ini untuk meningkatkan minat siswa SMK melanjutkan ke pendidikan vokasi. Sebab, minat siswa melanjutkan studi vokasi masih rendah hanya 8 persen.

“Itu pun kalau kita lihat lulusan SMK/SMA kalau masuk perguruan tinggi masuk universitas dulu, kalau tidak diterima baru masuk Politeknik,” kata Patdono, Selasa (5/5).

Patdono menambahkan, program ini juga akan dikemas semenarik mungkin. Misalnya, dengan membuka kesempatan pendidikan vokasi di luar negeri. Menurutnya, program pendidikan vokasi itu menjadi pilihan utama di jenjang pendidikan menengah dan tinggi.

“Pendidikan vokasi akan kami kemas dengan menarik, seperti adanya kesempatan ke Jerman, Swiss dan Belanda. ” ujarnya.

Direktur SMK Kemendikbud Bakrun menambahkan, untuk bisa mengikuti program ini, SMK harus memiliki kerja sama dengan Politeknik.

“Harus ada kerja sama antara industri, SMK dan Politeknik. Sebab, hanya Politeknik yang bisa menerbitkan ijazah Diploma,” terangnya.

Bakrun menjelaskan, siswa yang mengikuti program ini bakal menempuh sekolah selama empat tahun. Selama 2,5 tahun belajar di sekolah, satu tahun magang di industri, dan satu semester melakukan pembelajaran dengan program Problem Based Learning.

Komentar

Loading...