PSBB Jawa Barat, 29 Ribu Personel Dikerahkan Jaga 232 Titik

Rabu, 6 Mei 2020 10:56

Ilustrasi situasi jalan tol Cikopo–Palimanan di km 72, Purwakarta, Jawa Barat, seiring pemberlakuan PSBB. (M. Ibnu Cha...

FAJAR.CO.ID, BOGOR– Petugas gabungan Polda Jawa Barat hingga Dinas Perhubungan Jawa Barat siap membendung pemudik di 232 titik pemeriksaan, saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi atau PSBB Jawa Barat mulai Rabu (6/5) pukul 00.00 WIB hingga Selasa (19/5). Petugas melakukan penjagaan titik pemeriksaan PSBB sekaligus penyekatan larangan mudik.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat sekaligus koordinator Sub Divisi Sterilisasi Fasilitas Publik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Hery Antasari seperti dilansir Antara mengatakan, ada 15–25 titik di tingkat Jawa Barat beserta 232 titik oleh kabupaten/kota secara total yang akan dioperasionalkan sebagai titik pemeriksaan PSBB dan penyekatan larangan mudik. Saat ini, ada delapan titik yang sudah dioperasikan Polda Jawa Barat sedangkan sisanya tujuh hingga sembilan titik diselenggarakan Polres setempat.

”Ketika bicara batas PSBB Jawa Barat, tambahan fokus penyekatan dan titik pemeriksaan Polda Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Jawa Barat adalah titik-titik di perbatasan Jawa Barat dengan provinsi lain,” ujar Hery.

Untuk mengantisipasi warga yang memaksa mudik, menurut dia, petugas sudah sangat paham dan bisa mengidentifikasi visual terhadap modus mudik demikian. Di antara modus itu memakai ambulans, kendaraan barang, atau menggunakan kendaraan pribadi yang pengemudinya punya dispensasi untuk bergerak tapi ternyata digunakan mengangkut pemudik.

”Ciri-ciri itu mudah terlihat, tapi memang perlu waktu dan energi dari petugas di lapangan juga memperhatikan risiko penyebaran Covid-19 saat berinteraksi dengan pemudik,” kata Hery.

Bagikan berita ini:
10
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar