Singgung Skandal Century, Hergun Peringatkan KSSK Tak Seret Himbara Penyangga Likuiditas

Rabu, 6 Mei 2020 10:16
Singgung Skandal Century, Hergun Peringatkan KSSK Tak Seret Himbara Penyangga Likuiditas

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan-- jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) diingatkan jangan menyeret perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara), ke dalam skenario penyelamatan bank sistemik yang terdampak Covid-19.

“Terkait rencana kebijakan dari KSSK menunjuk bank Himbara sebagai penyangga likuiditas, terkesan sebagai upaya membuang tanggung jawab karena para petingginya (KSSK-red) ketakutan terjadi skandal seperti Century Gate,” ucap Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, dalam keterangannya, Rabu (6/5).

Legislator Gerindra yang beken disapa dengan panggilan Hergun itu menyatakan, jika bank Himbara melakukan tugas pinjaman likuiditas, maka tugas tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan krisis Sistem Keuangan (PPKSK).

Kebijakan itu juga melanggar Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau dalam rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

“Di sini jelas dibicarakan tentang stabilitas sistem keuangan yang merupakan ranah dan tupoksinya KSSK,” tegas Hergun.

Bagikan berita ini:
4
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar