Dompet Dhuafa dan ETOS Makassar Bantu Warga Miskin di Kampung Tambasa’

FOTO: DOMPET DHUAFA

FAJAR.CO.ID — Pandemi covid-19 menjadi tantangan bangsa Indonesia hari ini. Semua pihak dituntut bergandengan tangan untuk mengatasi masalah di berbagai sektor akibat pandemi, termasuk sektor ekonomi.

Akibat pandemi, banyak masyarakat yang awalnya bekerja sebagai buruh harian harus kehilangan pekerjaannya, baik sementara maupun dalam jangka waktu yang lama. Salah satu kampung yang sangat terdampak adalah Kampung Tambasa.

Kampung ini dihuni oleh masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai buruh harian. Ada yang bekerja sebagai tukang ojek dan bentor, tukang sapu, buruh bangunan, buruh cuci di Perumahan Dosen Unhas, dan pekerjaan lainnya. Dan akibat Pandemi Covid-19, banyak yang kehilangan pekerjaannya ataupun berkurang pemasukannya.

Itulah yang mendorong munculnya rasa solidaritas dari ETOS Makassar. ETOS Makassar adalah asrama penerima beasiswa pendidikan yang dinaungi oleh Dompet Dhuafa.

Sejak April, ETOS Makassar bergerak untuk membantu masyarakat kampung Tambasa. Pada 5 mei yang lalu, ETOS Makassar menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kampung Tambasa, Tamalanrea Makassar. Bantuan tersebut berupa sembako ramadan, juga masker kain pelindung wajah. Ini adalah kali kedua ETOS Makassar menyalurkan bantuan setelah Makassar menjalani PSBB.

Sebelumnya, di Kampung Tambasa ini juga, ETOS Makassar melakukan pemberdayaan masyarakat. “Kami memberdayakan ibu-ibu di Tambasa dengan memberikan bantuan modal usaha rumahan kerupuk bantal untuk membantu perekonomian masyarakat. Bantuan modal tersebut bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan Nama Foundation. Kami menjadikan Tambasa sebagai ‘Desa Produktif’,” kata Muhammad Faisal, Supervisor ETOS Makassar.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar