Elektabilitas Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan, PSI Melesat

Kamis, 7 Mei 2020 11:55

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wabah Covid-19 berimbas pada peta politik nasional. Ketegangan antara pemerintah pusat dengan daerah terkait kebijakan yang diambil berefek pada elektabilitas para tokoh menuju Pilpres 2024.

Survei terbaru Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan sejumlah kepala daerah mengalami peningkatan elektabilitas dibanding Februari 2020. Masih berada pada urutan tertinggi adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil.

“Ganjar mengalami peningkatan elektabilitas paling tinggi, dari 9,9 persen menjadi 14,1 persen, dan menempatkannya pada posisi kedua, menggeser posisi Anies,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, pada Kamis (7/5).

Anies sendiri naik tipis dari 13,3 persen menjadi 13,7 persen, sedangkan Kang Emil naik dari 7,3 persen menjadi 8,9 persen. Kepala daerah lainnya seperti Tri Rismaharini naik dari 4,5 persen menjadi 5,3 persen, dan Khofifah Indar Parawansa naik tipis dari 2,6 persen menjadi 2,7 persen.

Elektabilitas tertinggi masih dikuasai Prabowo Subianto, tetapi melemah dari 21,1 persen menjadi 19,3 persen. Demikian pula dengan Sandiaga Uno yang merupakan mantan calon wakil presiden Prabowo, dari 11,4 persen menjadi 10,2 persen, dan tergeser dari posisi ketiga menjadi keempat.

“Naiknya elektabilitas kepala daerah tidak bisa dilepaskan dari pilihan kebijakan terkait penanganan corona, termasuk kebijakan agresif yang didesakkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan karantina wilayah (lockdown) dan testing massal,” jelas Vivin.

Bagikan berita ini:
2
6
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar