Elektabilitas Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan, PSI Melesat

Kamis, 7 Mei 2020 11:55

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Menurut Vivin, Anies di DKI Jakarta dan Kang Emil di Jawa Barat bersikap paling vokal terhadap pemerintah pusat. Sedangkan Ganjar di Jawa Tengah yang merupakan kader PDIP memilih pendekatan yang lebih moderat, tetapi terbukti berhasil mendongkrak elektabilitas.

Prabowo-Sandi adalah paket capres-cawapres dalam Pilpres 2019 yang menjadi rival Jokowi-Ma’ruf. Tetapi kini Prabowo bergabung ke dalam pemerintahan sebagai menteri pertahanan, dan membawa gerbong Gerindra ke dalam kabinet, di mana Sandi masih tercatat sebagai kader.

“Baik Prabowo-Sandi maupun Gerindra kini menjadi pendukung pemerintah di tingkat pusat, termasuk dalam membela kebijakan Jokowi terkait corona,” lanjut Vivin. Jokowi lebih memilih pendekatan yang sangat lunak dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dan keamanan.

Kritik deras banyak disuarakan terhadap pemerintah pusat, dari menolak lockdown hingga soal larangan mudik. Kebijakan yang diambil akhirnya berupa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan kelonggaran terhadap mobilitas warga dan akses transportasi umum.

Sementara itu tokoh lain yang menjadi bagian dari pemerintah pusat naik tipis elektabilitasnya. Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir (naik dari 6,1 persen ke 6,3 persen) dan Menko Polhukam Mahfud MD (naik dari 1,3 persen ke 1,5 persen).

Di sisi lain sosok Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketua umum baru Demokrat yang berada di luar pemerintahan malah turun dari 2,8 persen menjadi 2,3 persen. Elektabilitas tokoh lainnya di bawah 1 persen, dan tidak tahu/tidak menjawab sebesar 14,8 persen.

Bagikan berita ini:
5
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar