Tak Ada Penimbunan, Dinas Sosial Tegaskan Penyaluran Bantuan Harus Sesuai SOP

  • Bagikan

Adapun bantuan dari Dinas Sosial Sulsel, tambah Kasmin, sudah disalurkan ke 24 kabupaten kota di Sulsel. Sudah ada berita acara penerimaan by name by adress. Data bantuan yang terdistribusi juga sudah bisa diakses di aplikasi si covid dinjamsos Sulsel.

"Sekali lagi saya tegaskan, soal tudingan penimbunan sembako itu sangat keliru," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian, Lubis, menyampaikan, sembako yang ada di Rujab Gubernur Sulsel adalah bantuan yang berasal dari BUMN, BUMD, OPD lingkup Pemprov Sulsel, perusahaan, serta perseorangan yang ingin berperan aktif dalam membantu pemerintah, khususnya Pemprov Sulsel dalam penanganan Covid-19. Adapun bantuan yang diterima telah dicatat oleh tim yang menangani, bersama Dinas Sosial Sulsel, dan mendapat pengawasan dari internal pemeriksa yaitu inspektorat, maupun pengawasan eksternal yaitu BPKP.

"Pengawasan secara mendetail agar bantuan yang ada tepat sasaran kepada seluruh masyarakat, dan data yang ada terkait siapa saja yang memberikan bantuan dan dalam bentuk apa, telah disebarkan melalui media online maupun cetak agar masyarakat dapat mengetahui hal tersebut," jelasnya.

BPKP bersama dengan Pemprov Sulsel, dalam hal ini Dinas Sosial dan Dinas Kominfo, juga telah membuat website tentang bantuan yang ada serta siapa saja yang mendapatkan bantuan.

"Tanggal 6 Mei sudah dilakukan rapat dengan semua OPD yang terlibat dalam Gugus Covid-19, dihadiri oleh BPKP, dimana akan diluncurkan website yang dapat diakses oleh publik," paparnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan