Gaduh Transfer Bruno Fernandes

Bruno Fernandes/Clive Brunskill/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ZURICH—Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United berujung gaduh. Klub lamanya, Sampdoria menggugat dan FIFA sekarang turun tangan menyelidikinya kepindahan gelandang Portugal tersebut.

Fernandes berlabuh ke Old Trafford 29 Januari lalu dari Sporting CP dengan biaya 47 juta poundsterling atau sekitar Rp881 miliar. Harga yang harus dibayar MU bisa naik menjadi 67 juta poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun jika beberapa syarat terpenuhi.

Sejauh ini pemain bernama lengkap Bruno Miguel Borges Fernandes itu cukup sukses di MU. Dalam sembilan penampilan di semua kompetisi, Fernandes mencetak tiga gol dan empat assist yang membantu United bersaing di zona Liga Champions dan lolos ke fase knockout Liga Europa.

Dengan performa impresif yang diperlihatkan pemain kelahiran 8 September 1994 tersebut, Lisbon sepertinya tidak akan kesulitan mendapat tambahan biaya dari MU. Tidak mengherankan, Sampdoria mulai berusaha meminta jatah.

Sky Sports melaporkan bahwa Sampdoria memasukkan klausul penjualan 10% atas keuntungan apa pun yang didapat Sporting pada Fernandes ketika mereka menjualnya pada tahun 2017. Itu berarti, Sporting harus membayar mereka 4,7 juta poundsterling setelah kepindahan sang pemain ke MU.

Begitu juga ketika United harus membayar bonus ke Sporting yang berarti mereka membayar total 67 juta poundsterling, maka Il Samp akan mendapat persenan 6,7 poundsterling. Tapi, hingga empat bulan setelah kepindahan Fernandes, Sporting ternyata tak membayar sepeser pun kesepakatan mereka.

Sporting sendiri tidak menerima tuduhan Sampdoria begitu saja. Mereka menegaskan bahwa sejak 2018, status pemain berusia 25 tahun itu adalah agen gratis. Perubahan status itu bermula ketika para pemain Lisbon diserang di pusat pelatihan Alcochete oleh fans.

Setelah insiden itu, beberapa pemain membatalkan kontrak mereka dengan klub, termasuk Bruno Fernandes. Sebulan kemudian, dia menyetujui kesepakatan baru sebagai agen gratis. Makanya, seperti laporan yang dikutip dari mufclatest, Sporting merasa bahwa setiap perjanjian dalam kontrak aslinya sekarang batal demi hukum.

Belum jelas seperti apa akhir masalah transfer ini. FIFA sejauh ini baru mengumumkan bahwa Sampdoria mengajukan gugatan resmi pada 3 April lalu dan mereka akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk membuat keputusan.

“Kami bisa konfirmasi bahwa klub Italia, Sampdoria, sudah mengajukan gugatan terhadap klub Portugal, Sporting Clube de Portugal terkait kewajiban keuangan yang ditetapkan dalam kontrak terkait transfer Fernandes,” demikian pernyataan FIFA.

FIFA menjelaskan bahwa mereka belum bisa memastikan seperti apa penyelidikan dan apa sanksi yang mungkin diberikan jika Lisbon terbukti melanggar kesepakatan. “Kasus ini sedang diselidiki dan karenanya kami tidak bisa berkomentar lebih jauh,” tegas FIFA. (amr)

STATISTIK BRUNO FERNANDES MUSIM INI

Bersama MU

KONTEN BERSPONSOR

Komentar