Jokowi Seharusnya Tegas kepada Menteri, Hidayat Nur Wahid: Jangan Membingungkan Rakyat

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Foto: Humas MPR

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid membenarkan bahwa disiplin adalah kunci penting mengatasi COVID-19.

Namun, dia mengingatkan hendaknya jangan hanya rakyat yang diminta berdisiplin, dan menjadikan ketidakdisiplinan warga sebagai kambing hitam atas menyebarnya virus corona.

Menurut Hidayat, bangsa Indonesia masih menganut sistem mementingkan keteladanan dari para pimpinan bangsa.

Karena itu bila warga diwajibkan berdisiplin agar COVID-19 segera teratasi, maka pimpinan bangsa harus jadi teladan soal kedisiplinan ini.

Jangan sampai terjadi sebuah kebijakan, diklarifikasi dengan kebijakan lainnya. Atau bahkan yang berbeda esensi.

Situasi itu kata Hidayat mengesankan adanya ketidakdisiplinan pada para pimpinan negara, dengan apa yang dulu pernah disampaikan Pak Jokowi bahwa tidak ada visi dan misi menteri, yang ada adalah visi serta misi presiden.

“Permintaan Presiden agar kurva COVID-19 harus landai pada bulan Mei dengan cara apa pun, tidak akan pernah terjadi kecuali pemerintah berdisiplin memberikan keteladanan dalam penanganannya. Salah satunya dengan kebijakan yang tepat dan tidak simpang siur,” kata Hidayat, Jumat (8/5).

Menurut Hidayat, pemerintah seharusnya fokus dan berdisiplin dengan kebijakan yang memprioritaskan keselamatan rakyat yang kesulitan akibat COVID-19.

Namun saat ini, yang muncul adalah dengan payung hukum Perpu 1/2020, yang tidak fokus untuk atasi darurat kesehatan dan dampaknya pada rakyat korban COVID-19.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar