KPPU: Harga BBM Semestinya Bisa Turun Sejak Maret

Jumat, 8 Mei 2020 22:52

ILUSTRASI gedung KPPU. (dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia menjadi perhatian Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di tengah merosotnya harga minyak dunia. Menurut Direktur Ekonomi KPPU Zulfirmansyah, semestinya harga BBM di Indonesia sudah turun sejak Maret.

Firman menuturkan harga minyak mentah terus menurun sejak 19 Februari lalu. Tren penurunan harga minyak dunia juga telah membuat sejumlah negara di ASEAN melakukan penyesuaian harga.

Dalam data yang ia presentasikan, harga BBM di tujuh negara ASEAN turun drastis. Di Myanmar, misalnya, harga BBM jenis RON 95 berada di kisaran Rp 5 ribuan per liter, jauh di bawah harga BBM jenis RON 90 di Indonesia.

“Sementara di domestik, kita lihat trennya tidak pernah turun sejak September. Di beberapa periode ada penurunan seperti Desember, naik lagi Januari dan turun Februari, tapi tidak signifikan,” katanya, dilansir dari Antara, Jumat (8/5).

Firman juga mencontohkan, harga BBM Shell di Singapura yang terus turun secara signifikan sejak Januari lalu. Ia juga mengatakan penyesuaian harga BBM di sejumlah negara bahkan telah dilakukan per pekan.

Bagikan berita ini:
4
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar