Infografis

Longgarkan PSBB, Transportasi Kembali Dibuka

0 Komentar
FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sempat terhenti, akses transportasi kembali dibolehkan. Namun, bukan melayani pemudik. Kementerian Perhubunan (Kemenhub) telah membuka akses transportasi umum, baik darat, laut, dan udara. Pembukaan operasional ini dikhususkan untuk aktivitas bisnis, ekonomi, logistik, pejabat negara, kesehatan, serta kebutuhan lain yang berkaitan dengan Covid-19. Jubir Kemenhub Adita Irawati mengatakan pemerintah pusat meminta daerah tidak menutup jalan nasional. Sebab, dampaknya bisa melumpuhkan aktivitas ekonomi masyarakat. “Intinya mudik tetap dilarang. Yang diatur adalah pengecualian bagi yang berhubungan dengan Covid-19 dengan kriteria dan syarat tertentu,” jelasnya, kemarin. Gugus juga telah mengeluarkan edaran atas pengecualian bagi mereka yang bisa mengakses trasportasi umum. Khusus untuk akses darat, ia menegaskan tak ada penutupan jalan nasional. Yang ada hanya pembatasan bagi mereka yang hendak mudik. Sementara, aktivitas logistik serta aktivitas lain yang dikecualikan, tak boleh terganggu karena akan memberi dampak besar kepada masyarakat. Maskapai Bertahap Dengan aturan baru ini, maskapai pun kembali beroperasi. Akan melayani penerbangan secara bertahap. Kemarin, Garuda Indonesia mulai pukul 00.01, kembali melayani operasional penerbangan. Layanan penerbangan tersebut akan dioperasikan dengan merujuk pada ketentuan kriteria masyarakat yang dapat mengakses layanan transportasi pada masa pandemi Covid-19.

Seperti penumpang yang akan melaksanakan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis, masyarakat yang akan pulang ke daerah asal, kebutuhan repatriasi, dan layanan fungsi ekonomi penting. Kemudian mobilisasi pekerja migran Indonesia maupun kriteria penumpang lainnya yang diatur sesuai dengan kebijakan yang diatur Gugus Tugas Percepatan Covid-19.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan reservasi layanan penerbangan tersebut dapat diakses sejak 6 Mei melalui seluruh kanal penjualan owned channel tiket Garuda Indonesia. “Temasuk di Makassar,” katanya.
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...