Satu Keluarga di Solo Hidup di Pinggir Jalan, Ganjar Pranowo Kesal

Jumat, 8 Mei 2020 15:20

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: ist

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kesal mendengar kisah satu keluarga di Solo yang viral karena hidup di becak pinggir jalan. Keluarga itu adalah Dul Rohmat dan istrinya Fatimah.

Ganjar meminta masyarakat aktif melapor kepada perangkat desa, apabila memang kesulitan ekonomi akibat wabah COVID-19 agar peristiwa serupa tidak terjadi.

Ganjar mengatakan sudah menelepon langsung Fatimah untuk menanyakan langsung kabar yang dia dapat terkait keluarga tersebut.

“Tadi saya telepon, sudah dibantu sekarang sudah aman. Dia dan keluarga sekarang tinggal di kos karena sudah ada donatur yang mbayari. Bantuan juga terus mengalir,” kata Ganjar di Puri Gedeh pada Jumat (8/5).

Sebenarnya, kata Ganjar, peristiwa itu tidak akan terjadi bila Dul Rohmat melapor kepada Ketua RT/RW atau lurah di tempat tinggalnya. Bahkan, Dul bisa langsung lapor ke Ganjar dan pasti diberikan solusi.

“Kalau saya hanya butuh melapor, pasti itu kami bantu. Jangankan warga saya yang ada di Jateng, warga Jateng yang tinggal di luar Jawa bahkan luar negeri pun kalau lapor pasti kami bantu. Yang di Solo itu mungkin belum melapor, sehingga jadi berita dan viral kemana-mana,” tegasnya.

Ganjar mengatakan, di tengah pandemi saat ini, bantuan pasti tidak merata. Sebab selain warga miskin yang sudah ada, banyak warga miskin baru yang belum masuk daftar seperti korban PHK, dirumahkan, baru pulang dari mudik dan lainnya.

Komentar