H-13 Karyawan Dapat THR, Disnaker Tekankan Perusahaan Wajib Bayarkan

ILUSTRASI. (INT)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan menekankan perusahaan agar membayarkan kewajiban Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya termasuk yang dipekerjakan di rumah (WFH).

“Itu tidak menghilangkan kewajiban perusahaan untuk membayar secara penuh, karena tentu peraturan perundang-undangan juga mengatakan bahwa apabila ada ketidakmampuan dalam pembayaran maka bisa diberikan secara bertahap,” ucap Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulsel, Darmawan Bintang, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya di tengah pandemi corona, solusi yang tepat dalam pemberian kewajiban perusahaan yaitu dengan berdiskusi dan membicarakan dengan karyawan yang bersangkutan.

“Tentu kita berharap bahwa yang menjadi penting sekarang adalah memberikan kepastian melalui dialog, jadi dialog menjadi bagian yang penting supaya peraturan ini tidak dilanggar istilahnya tetap ada pembayaran tapi waktunya saja yang diatur,” bebernya.

“Kita berharap perusahaan mengadakan pembicaraan secara khusus terkait dengan ini karena kalau tidak salah lagi H-13 di mana kewajiban mereka harus dibayar. Jadi secepatnya dilakukan pembicaraan dan apabila ternyata ada pelanggaran, tidak ada juga dialog tentu konsekuensinya masuk kepada perusahaan yang bersangkutan,” tutup Darmawan Bintang.

Sementara itu menurut Kadisnaker Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan mengatakan pihaknya telah mendirikan posko pengaduan di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar di Jalan AP Pettarani.

“Jadi THR itu adalah kewajiban perusahaan hak kepada karyawan jadi itu wajib di bayar sesuai surat edaran ketenagakerjaan nomor M/6/II T.00.C1/V/2020,” ungkap Kepala Disnaker, Andi Irwan Bangsawan Sabtu (09/05/2020).

KONTEN BERSPONSOR

Komentar