Klaster Kelab Malam Menggila, Tegaskan Covid-19 Bisa Kembali Menyebar

Minggu, 10 Mei 2020 15:05

Warga memakai masker untuk melindungi diri dari penularan virus corona di Seoul, Korea Selatan. Foto: REUTERS/KIM HONG-J...

FAJAR.CO.ID — Korea Selatan melaporkan 34 kasus baru COVID-19, Minggu (10/5), setelah virus corona menyerang sejumlah kelab malam di Negeri Ginseng itu.

Laporan menyebutkan sejumlah kelab malam dikunjungi oleh pengunjung yang kemudian dinyatakan positif tertulari virus corona.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), kasus baru itu terdiri dari 26 infeksi domestik dan delapan infeksi dari luar negeri.

Jumlah tersebut merupakan angka infeksi per hari tertinggi sejak 9 April 2020.

Setelah berjuang melawan pandemi corona, Korea Selatan sempat mencatat nol atau sangat sedikit kasus domestik dalam sepuluh hari terakhir, dengan penghitungan harian berkisar sepuluh kasus dalam minggu-minggu terakhir.

Munculnya klaster baru ini terjadi lantaran sejumlah kelab malam di Seoul, yang dikunjungi seorang pria berusia akhir 20-an, sebelum dirinya dinyatakan positif terinfeksi virus.

Sedikitnya 15 orang dilacak setelah kasus pria tersebut, dan 14 dari 26 kasus dilaporkan dari Seoul, meskipun KCDC tidak menentukan berapa yang terkait.

Penularan baru itu mendorong Seoul untuk memberlakukan penghentian sementara semua fasilitas hiburan malam pada Sabtu (9/5).

Otoritas setempat sedang melacak sekitar 1.500 pengunjung kelab, dan telah meminta siapa pun yang ada di sana akhir pekan lalu untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan diuji.

Komentar


VIDEO TERKINI