Sasar Masyarakat Sekitar, RS Sayang Bunda Siapkan Rapid Test Massal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rumah Sakit Umum (RSU) Sayang Bunda atau RS Darurat Covid-19 Makassar (RSDC) akan menggelar screening Rapid Test selama tiga hari, yakni 13 hingga 15 Mei mendatang.

Salah satu tim dokter RS Sayang Bunda, dr Hisbullah mengatakan, screening Rapid Test nanti diperuntukkan bagi para Tenaga Kesehatan (Nakes), masyarakat profesi lainnya, serta kalangan Masyarakat yg telah terdata di RSU Sayang Bunda (RSDC).

"Seluruh calon peserta Rapid Test (RT) sebelumnya sudah didata berdasarkan besarnya resiko keterpaparan yg terdiri dari nakes, supir ambulans covid, cleaning service RS yang merawat covid, Security RS, petugas pemulasaran jenazah, penggali kubur, TNI Polri, sopir ojol dan taxi, masyarakat umum yg beresiko serta masyatakat hasil tim tracing RS Sayang Bunda," ujarnya, Minggu (10/5/2020).

Menurut dr Hisbullah, seluruh proses penyelenggaraan TR ini akan dilakukan sesuai standar pengelolaan wabah, penggunaan APD bagi petugas dan relawan sesuai level, social distancing di ruang tunggu, edukasi dan informasi ttg apa dan bahaimana RT, mengikuti alur yg sdh ditentukan, Seperti mencuci tangan, memasuki chamber dll.

"Hasil RT akan diinfokan kepada peserta via WA dan seterusnya data akan ditabulasi dan diolah oleh tim traving RSDC untuk selanjutnya ditinjaklanjuti," ucapnya.

Sementara itu, kata dia, penyedia alat test Rapid IgG/IgM ini adalah Relawan Indonesia Bersatu (RIB).) kemudian sebagai pelaksana ada relawan RSDC dan Relawan RIB. Direncanakan Bang Sandiaga Uno sebagai ketua umum RIB akan datang ke Makassar untuk melihat langsung kegiatan tersebut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan