Sungai Malili Mendadak Keruh, DLH Menduga Kiriman dari Hulu

Minggu, 10 Mei 2020 16:23

Suasana Sungai Malili yang tampak keruh.

FAJAR.CO.ID, MALILI — Sungai Malili mulai berubah menjadi keruh, Minggu, 10 Mei 2020. Padahal, selama ini Sungai Malili dikenal sangat jernih.

Warga Malili, Yudi mengatakan kondisi sungai yang membelah Ibukota Malili mulai keruh. ”Saya lihat tadi sangat keruh. Mungkin akibat hujan deras malam tadi,” kata Yudi.

Kepala Bidang Penaatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur, Natsir Dj, mengatakan, akan segera check sedimen pond PT CLM di Lampia Malili.

“Memang kemarin mulai masuk magrib sampai subuh hari Malili diguyur hujan, kemudian kita tahu bersama bahwa hulu sungai ini berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kami yakin bahwa sumber penyebabnya juga dipastikan dari sana,” kata Natsir.

Saat ini kondisi Malili dan sekitarnya tidak hujan setelah pukul 08.00 wita tadi sampai sekarang. Artinya dibagian hulu yang hujan.

”Solusinya sudah perlu duduk bersama seluruh pemangku kepentingan dalam pengelolaan sungai lintas provinsi, karena ini kewenangan pusat, sehingga apa yang diperbuat di bagian hulu sungai harus juga bertanggungjawab terhadap dampak yang ditimbulkan dibagian hilir. Ini sangat penting pengelolaan secara komprehensif antar kepentingan hulu das dan hilir das yang terdampak,” paparnya.

Selain itu, masalah ini harus melibatkan pihak Pemprov Sultra, Pemrov Sulsel dan seluruh kabupaten yang masuk dalam wilayah administrasi sungai ini yang notabenenya tiap ada hujan pasti masalah di hilir. (shd)

Bagikan berita ini:
8
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar