3 ABK Dilarung ke Laut, Begini Penjelasan Dubes Tiongkok

Senin, 11 Mei 2020 15:01

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian . (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mendesak Tiongkok menginvestigasi terkait kematian 4 ABK Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal di kapal berbendera Tiongkok. Sebanyak 3 di antaranya dilarung di laut dan 1 lainnya meninggal di Busan, Korea Selatan. Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian menjawab hal itu.

Dubes Xiao Qian mengaku terus mengikuti perkembangan terkini terkait masalah itu. Pihaknya mengutamakan jalur diplomatik untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kami sudah melihat ada berita-berita yang terkait, saat ini Tiongkok dan Indonesia menjaga komunikasi erat lewat jalur diplomatik mengenai masalah-masalah terkait, dan sedang mencari tahu dan verifikasi informasi yang terkait,” katanya kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Senin (11/5).

Pihaknya berharap ada penyelesaian yang bijaksana dengan pihak terkait seperti dengan pihak agen perusahaan kapal. Dubes Xiao Qian menegaskan tak menutup kemungkinan untuk menyelesaikan masalah itu sesuai hukum dan peraturan berlaku.

“Kedutaan Besar Tiongkok berharap pihak-pihak yang terlibat dapat negosiasi untuk menyelesaikan perselisihan menurut hukum dan peraturan yang berlaku dan kontrak komersial terkait,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI memanggil Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian untuk meminta penjelasan tentang perlakuan yang diterima para anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal ikan Tiongkok. Kemenlu juga meminta penjelasan mengenai pelarungan jenasah ABK WNI dari kapal Long Xin 629 dan Long Xin 604 untuk memeriksa apakah penanganan itu sudah sesuai dengan ketentuan dari Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Bagikan berita ini:
6
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar