34 Ribu TKI Bakal Pulang ke Indonesia, Jokowi Minta Anak Buah Antisipasi

Senin, 11 Mei 2020 12:21

ILUSTRASI: TKI (Ibas/Radar Madura/Jawa Pos Group)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada bawahannya untuk mengantisipasi 34 ribu pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan kembali ke tanah air. Terbanyak berasal dari Jawa Timur, yakni ada 8.900 kurang lebih pekerja.

‎”Yang berkaitan dengan kepulangan pekerja migran indonesia agar betul-betul berjalan dengan baik di lapangan,” ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/5).

Jokowi mengatakan, dirinya menerima laporan bahwa pada bulan Mei dan Juni ada kurang lebih 34 ribu pekerja migran Indonesia yang kontraknya akan berakhir.

Mereka berasal dari Jawa Timur ada 8900 kurang lebih. Dari Jawa Tengah 7400. Kemudian dari Jawa Barat 5800, Nusa Tenggara Barat (NTB) 4200, Sumatera Utara kurang lebih 2800, Lampung 1800 dan 500 orang dari Bali.

“Ini agar betul-betul diantisipasi disiapkan ditangani proses kedatangan mereka di pintu-pintu masuk yang telah kita tetapkan dan diikuti pergerakan sampai ke daerah,” katanya.

“Untuk jalur udara, ada dua pintu masuk di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai Kemudian untuk ABK kapal pesiar juga di Benoa Bali, di Tanjung Priok dan juga pekerja migran yang dari Malaysia bisa lewat Batam dan Tanjung Balai,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta jajarannya untuk mengawasi kepulangan mereka. Kemudian diterapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini menjadi penting karena saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi virus Korona atau Covid-19 di tanah air.

Bagikan berita ini:
4
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar