Curhatan Mahasiswa, Suka Duka Ujian Daring di Tengah Pandemi

Senin, 11 Mei 2020 15:54

Mahasiswa UNM, Ilham Samudra Sanur

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Namanya Ilham Samudra Sanur, ia mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) jurusan Pendidikan Sejarah. Raut bahagia terlihat di wajahnya, pasalnya ia baru saja menyelesaikan ujian akhirnya lewat daring.

Butuh perjuangan melakukannya, pasalnya kini ia tengah berada di kampung halamannya di Palopo. Di sana kata dia, tinggal di daerah yang jaringannya sangatlah susah untuk dijangkau.

Kepada Fajar.co.id, melalui WhatsApp, Ilham sapaannya menceritakan jika setelah berbulan-bulan dia hampir menyerah. Pasalnya waktu semakin mepet dan ia dituntut untuk menyelesaikan ujian, bahan dan materi serta bimbingan sudah ia selesaikan.

“Akan tetapi, jaringan yang kadang membuat saya hampir menyerah,”tutur anak dari pasangan Sakri dan Nurhasna ini.

Tak berputus asa, ia tetap ingin meraih gelar sarjana. Ia meminta agar ujiannya dijadwalkan Senin (11/5/2020). Dengan semangat, tepat hari ini pagi-pagi buta. Berbekal materi presentasi dalam laptopnya, ia berjalanlah mencari lokasi terbaik untuk ujian.

Menerapkan phisical distancing, Ilham berjalan dari rumahnya ke rumah kerabatnya, yang memang jaringannya kuat. Cukup jauh sekitar 2 kilometer.

“Alhamdulillah saya sudah selesai ujian dan di dengan judul ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Promting pada Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 4 Makassar’,”tutur pria kelahiran 23 Januari 1999 ini.

Bagi Ilham, menjalankan ujian lewat daring sangatlah susah, salah satu faktornya karena terkendala di masalah jaringan. Tapi ada baik nya juga, karena ia tidak terlalu tegang saat memaparkan hasil penelitan skripsinya di depan dosen penguji. Pasalnya tak bertatap muka secara langsung.(wis/fajar)

Bagikan:
5
10
1

Komentar