Gejala Virus Corona Sudah Muncul di Prancis 16 November, Wuhan Bukan Sumber Pertama?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PARIS– Kasus Covid-19 pertama diduga bukan terjadi di Wuhan, Tiongkok. Beberapa pekan sebelumnya, ternyata juga sudah muncul kasus pneumonia aneh di belahan Eropa. Gejala pasien Covid-19 sudah muncul di Prancis pada 16 November.

Artinya, kasus ini muncul hampir 10 minggu sebelum kasus pertama yang dikonfirmasi di sana. Laporan terbaru itu diungkap oleh sebuah rumah sakit Prancis seperti dilansir dari AsiaOne, Senin (11/5).

Kasus itu diidentifikasi oleh departemen pencitraan medis rumah sakit setelah melakukan studi retrospektif pada sekitar 2.500 scan dada pasein yang dilakukan antara 1 November dan 30 April. Temuan itu muncul ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara untuk menyelidiki kasus seperti pneumonia dari akhir tahun lalu, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana penyakit baru itu menyebar.

Seorang ahli untuk penyakit hewan, Peter Ben Embarek, mengatakan bahwa Coronavirus berasal dari kelelawar dan dapat menyebar ke kucing. Meski demikian, masih belum jelas hewan mana yang mungkin telah menularkan penyakit tersebut ke manusia, seperti laporan Bloomberg.

Badan kesehatan global sebelumnya mengatakan bahwa mengetahui asal muasal virus Korona pada hewan adalah kunci untuk mencegah wabah penyakit zoonosis terjadi lagi. Genom virus dan bagaimana ia berkembang juga penting bagi pengembangan obat untuk melawannya.

“Di Prancis, beberapa kasus sudah beredar pada bulan November,” kata Kepala Dokter dari Departemen Pencitraan Medis di Rumah Sakit Albert Schweitzer di kota Colmar di Alsace, Michel Schmitt.

  • Bagikan