Mbappe, Predator Prancis Penerus Messi dan Ronaldo

Kylian Mbappe/psg.fr

PARIS, FAJAR—Kylian Mbappe kembali memenangkan Sepatu Emas Ligue 1 Prancis musim 2019/2020. Penghargaan Golden Boot ini sekaligus mempertegas statusnya sebagai predator nomor satu di Liga Prancis.

PENYERANG bernama lengkap Kylian Sanmi Mbappe Lottin itu dinobatkan sebagai top skor setelah mencetak 18 gol musim ini. Selain 18 gol, penyerang berusia 21 tahun itu juga menyumbangkan tujuh assist bagi rekan setimnya sebelum liga disetop akibat pandemi virus corona.

Jumlah gol dan assistnya sebenarnya sama dengan torehan pemain AS, Monaco Wissam Ben Yedder. Hanya saja, federasi sepakbola Prancis menurut laporan L'Equipe menunjuk Mbappe sebagai pemenang trofi karena pertimbangan ia mencetak seluruh golnya dari permainan terbuka.

Yedder sepanjang musim ini mencetak tiga gol dari titik penalti. Selain itu, Yedder juga membutuhkan 26 pertandingan untuk mencetak 18 gol tersebut. Sedangkan Mbappe yang cedera di awal musim hanya perlu 20 laga saja.

Karena Ligue 1 2019/2020 sudah berakhir, Mbappe dipastikan tidak akan bisa meraih Sepatu Emas Eropa. Saat ini, perlombaan menjadi top liga domestik Eropa dipimpin oleh striker Lazio, Ciro Immobile yang sudah mengoleksi 27 gol.

Namun, itu tidak akan menjadi masalah bagi Mbappe yang juga membantu klubnya meraih gelar. Pasalnya, ia sudah meraih prestasi luar biasa dengan mempertahankan statusnya sebagai pemain tersubur Ligue 1. Musim lalu, striker Prancis itu meraih gelar perdananya dengan mencetak 33 gol atau unggul 11 gol atas bomber Lille, Nicolas Pepe yang musim ini bermain untuk Arsenal.

Sejak bergabung dari Monaco 2017 silam, Mbappe yang sudah memainkan 120 penampilan bersama Les Parisiens total telah mencetak 90 gol dan mencatatkan 49 assist. Ia pun diklaim sebagai calon penerus Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

“Para pemain ini (Ronaldo dan Messi) sekarang sudah mencapai akhir. Sekarang tentang generasi berikutnya dan generasi berikutnya mungkin Prancis. Saat ini, pemimpinnya mungkin Mbappe,” kata mantan manajer Arsenal,  Arsene Wenger dalam sebuah wawancara dengan talkSPORT.

Mbappe sendiri mengungkapkan kegembiraannya berhasil mempertahankan Sepatu Emas yang ia raih tahun lalu. Pahlawan Prancis di Piala Dunia 2018 itu lewat media sosial, Twitter, juga berterima kasih kepada penggemarnya atas dukungan mereka.

Terlepas dari prestasinya, pemain yang bisa beroperasi sebagai penyerang tengah dan winger tersebut tak menutup mata atas kehebatan Yedder. Menurutnya, Yedder seharusnya juga menerima penghargaan ini. "Saya pikir Wissam juga pantas mendapatkan trofi,” katanya.

Ia menyebut situasi ini sama seperti di Premier League tahun lalu. Pierre-Emerick Aubameyang, Mohamed Salah dan Sadio Mane dianugerahi Sepatu Emas Premier League 2018/2019 setelah sama-sama menyelesaikan musim dengan 22 gol.

Ben Yedder dikutip dari ESPN menanggapi kicauan Mbappe di Twitter dengan mengucapkan terima kasih sembari berkelakar. "Terima kasih kawan, selamat untukmu. Kita bisa bergantian jika mau," kata mantan penyerang Sevilla itu. (amr)

STATISTIK MBAPPE DI LIGUE 1 2019/2020             

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...