Sukses dengan Satelit Noor, IRGC Berambisi Tempatkan Satelit di GEO

Senin, 11 Mei 2020 11:49

Pengawal Revolusi Islam Iran sukses meluncurkan satelit militer yang dijuluki Noor ke orbit, Rabu (22/4/2020)-- iranian

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Komandan Divisi Corps Aerospace Force Space Pengawal Revolusi Islam mengungkap, IRGC memiliki rencana untuk meluncurkan satelit ke orbit ekuatorial geosynchronous (GEO) 36.000 kilometer di atas Bumi.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah online Iran, Brigadir Jenderal Ali Jafarabadi menyoroti keberhasilan IRGC meluncurkan satelit Noor ke luar angkasa pada April. Dia mengatakan rencana telah dirumuskan untuk mencapai orbit yang lebih tinggi.

Dia mengatakan, IRGC akan meluncurkan satelit ke orbit geostasioner yang berjarak 36.000 km di atas Bumi dalam beberapa tahun mendatang.

“GEO sangat penting dan strategis, karena satelit telekomunikasi dan televisi ditempatkan di orbit ini,” katanya dilansir iranian, Senin (11/5/2020).

Komandan itu mengatakan, meluncurkan satelit Iran ke orbit ekuatorial geosinkron memiliki manfaat ekonomi bagi negara, juga akan melindungi aset ruang angkasa Iran.

Ketika satelit komunikasi ditempatkan dalam orbit geostasioner, antena berbasis Bumi tidak harus berputar untuk melacaknya, tetapi dapat diarahkan secara permanen ke posisi di langit tempat satelit berada.

IRGC berhasil menempatkan Noor (cahaya) ke orbit pada 22 April. Satelit dalam negeri diluncurkan dengan pembawa satelit tiga tahap, dijuluki Qassed (kurir), dari landasan peluncuran di Dasht-Kavir, gurun besar di Iran tengah.

Satelit telah ditempatkan ke orbit 425 kilometer di atas Bumi. (fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI