Berkat Klopp, Van Dijk Jadi Bek Terbaik

Virgil Van Dijk mencetak gol ke gawang MU/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool menghabiskan 75 juta poundsterling untuk memboyong Virgil van Dijk, 2018 silam. Hanya dua tahun di Anfield, The Dyke sudah menjadi bek terbaik dunia.

STATUS sebagai pemain termahal sepanjang sejarah Liverpool dibayar lunas kapten timnas Belanda tersebut. Sejak tiba di Liverpool pada Januari 2018, ia langsung menghadirkan benteng kokoh di pertahanan The Reds.

Dalam dua setengah musim, ia membantu Liverpool bersaing memperebutkan titel domestik dan Eropa. Setelah kalah di final pada musim perdananya, palang pintu 28 tahun itu sukses mempersembahkan gelar Liga Champions 2018/2019.

Di level domestik, musim lalu, Van Dijk yang nyaris tanpa istirahat membantu Liverpool finis kedua di belakang Manchester City dengan hanya selisih satu angka. Dan seperti perjalanannya di Liga Champions, musim ini, eks pemain Southampton itu hampir pasti akan mempersembahkan gelar Premier League kepada Liverpool.

Sebelum Liga Inggris dihentikan di pekan ke-29, Si Merah, julukan Liverpool memimpin 25 poin atas The Citizens. Catatan luar biasa itu tak lepas dari ketangguhan Van Dijk di benteng pertahanan klub Merseyside tersebut.

Dari 29 pertandingan yang sudah mereka lakoni, Liverpool hanya kebobolan 21 gol di Premier League. Itu adalah jumlah kebobolan terendah yang bisa dicatatkan klub Premier League musim ini. Tidak mengherankan, anak asuh Juergen Klopp hanya menelan satu kekalahan.

Mantan Kapten Manchester City, Vincent Kompany pun tak ragu menyebut The Dyke sebagai bek terbaik dalam sejarah Premier League. Menurut Kompany, Van Dijk sudah berada di level John Terry dan Rio Ferdinand.

Kompany menyebut, transformasi besar terjadi di Anfield setelah kedatangan Van Dijk pada 2018. Mantan pemain Celtic itu kata Kompany terbukti menjadi katalis dan memberi dampak yang sangat mengesankan bagi Liverpool yang masih kebobolan 42 gol di musim 2016/2017.

“Saya akan pilih Virgil van Dijk sebagai bek terbaik di sejarah Premier League. Itu pilihan yang aneh sebenarnya, sebab dia belum lama ada di kancah ini seperti John Terry dan Rio Ferdinand. Para pemain tersebut sudah bermain di liga ini untuk waktu yang sangat lama,” kata Kompany kepada SPORF.

“Tapi sinyal-sinyal yang diberikan Van Dijk beberapa musim terakhir membuat segalanya begitu jelas, bahwa kalau dia bakal mencapai level top sebelum itu, dia juga bakal melaju lebih jauh lagi,” lanjut eks kapten Belgia tersebut dikutip dari Mirror.

Manajer sekaligus pemain Anderlecht itu menjelaskan, Van Dijk membuat perbedaan besar terhadap timnya. Liverpool sebelum dan sesudah kedatangan Van Dijk merupakan tim yang sangat berbeda.

“Seorang bek tidak pernah berdiri sendiri. Ini tentang komunikasi dengan pemain lain dan bagaimana Anda membuat tim Anda lebih solid. Sebelum Van Dijk dan setelah hadirnya Van Dijk, Liverpool sepenuhnya berbeda. Itulah sebabnya saya memilihnya sebagai bek terbaik sepanjang masa Premier League,” kuncinya.

Legenda AC Milan, Franco Baresi menyebut Van Dijk kini adalah bek terbaik dunia berkat kontribusi yang sudah ia tunjukkan bersama Liverpool. Bek legendaris Italia itu mengatakan, Van Dijk sukses menjadi jenderal di sektor pertahanan timnya.

“Jika saya harus menyebut satu nama bek terbaik, maka sosok yang paling menonjol adalah Virgil van Dijk. Ia menunjukkan kualitas karakter dan juga kekuatan yang harus dimiliki untuk menjadi pemimpin yang sukses di tim seperti Liverpool,” jelas Baresi.

Van Dijk sendiri mengakui bukan pekerjaan mudah untuk sampai pada levelnya saat ini di Liverpool. Ia menegaskan perlu beradaptasi enam bulan dengan metode pelatihan Klopp.

“Manajer menuntut banyak dari saya dan itu semua membantu saya menjadi pemain seperti saya hari ini,” jelasnya kepada BT Sport.

“Sejujurnya, dalam enam bulan pertama saya bergabung, kami memiliki lebih banyak sesi pelatihan. Itu intens, ada banyak hal berbeda yang diminta dari saya. Dan saya menikmatinya, saya sangat menikmatinya - kerja keras, diskusi yang saya lakukan dengan pemain tertentu tentang cara Liverpool, cara kita bermain,” kunci The Dyke. (amr)

TENTANG VAN DIJK

Nama lengkap: Virgil van Dijk

Lahir: 8 Juli 1991

Tempat lahir: Breda, Belanda

Umur: 28

Tinggi: 193 cm

Kewarganegaraan: Belanda

Posisi: Bek tengah

Kaki terkuat: kanan

Klub saat ini: Liverpool

Bergabung: 1 Januari 2018

Kontrak berakhir: 30 Juni 2023

Nilai pasar saat ini: 80 juta euro (8 April 2020)

Nilai pasar tertinggi: 100 juta euro (12 September 2019)

Premier League

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...