Mengkudu Bisa Tangkal Covid-19? Begini Penjelasan Ahli

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di masa pandemi Covid-19 ini, selain imbauan pemerintah untuk sosial distancing, setiap individu dituntut untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan membatasi aktivitas hanya di rumah saja.

Sejalan dengan imbauan tersebut, banyak masyarakat mulai berbondong-bondong mencari berbagai macam tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh maupun daya imun tubuh.

Salah satu yang dianggap bisa menangkal virus Covid-19 adalah buah mengkudu atau nama lainnya noni. Buah ini sering kita jumpai di Indonesia, tak terkecuali di kota Makassar.

Menanggapi hal itu, Pakar Gizi asal Universitas Hasanuddin (Unhas), Aminuddin Syam mengatakan, perlu penelitian lebih lanjut mengenai buah Mengkudu bisa dikatakan sebagai obat penangkal virus Covid-19.

“Itu hanya dugaan karena belum penelitian sebagai penangkal Corona. Mengkudu mengandung berbagai zat gizi termasuk antioksidan, antibiotik tentu benar tetapi sebagai anti Corona perlu diteliti,” ucapnya, Senin (11/5/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan, antibiotik yang terkandung dalam Mengkudu sendiri hanya bisa membunuh bakteri, bukan virus. Sementara itu, antioksidan pada buah tersebut untuk menetralisir radikal bebas.

“Antibiotik untuk membunuh bakteri sedangkan antioksidan umumnya berperan dalam menetralisir radikal bebas yang berasal dari polutan,” kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini.

Adapun zat lain yang terkandung, diantaranya vitamin C, B, magnesium, potasium, dan kalsium. Sementara itu, ia juga menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada obat herbal baik yang dari tanaman atau buah yang mampu menangkal virus Corona.

  • Bagikan