Miris… Kakek 90 Tahun Tinggal di Kandang Ayam, Tanpa Bantuan Pemerintah

Selasa, 12 Mei 2020 14:28

Sutomo sedang duduk didampingi tetangganya di dalam gubuk reot yang nyaris ambruk di Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradad...

FAJAR.CO.ID, TEGAL– Untuk yang kesekian kali, masih ada beberapa orang yang layak menerima bantuan tapi belum menerima bantuan di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini seorang kakek yang tinggal di kandang ayam.

Kake yang berusia 90 tahun tersebut bernama Sutomo. Sejak beberapa tahun silam, kakek yang tuna netra ini menempati rumah gubuk di RT 04 RW 02, Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Gubuk yang berukuran sekitar 3×3 meter itu juga digunakan untuk kandang ayam dan bebek. Meski kondisinya sangat memprihatinkan, kakek yang hidupnya sebatangkara ini belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Bahkan di tengah pandemi Corona ini, Sutomo juga belum mendapatkan bantuan uang tunai maupun sembako.

Nah, untuk bertahan hidup, dirinya hanya mengandalkan pemberian bantuan dari tetangga. ”Saya belum pernah dapat bantuan. Sehari-hari hanya diberi makanan oleh tetangga,” tutur Sutomo, saat ditemui di gubuknya, Senin (11/5).

Gubuknya Sutomo berdiri di atas tanah milik saudaranya. Lokasinya di sebelah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Gembongdadi. Di sebelah gubuk itu juga ada kandang kambing. Sementara di dalam gubuk hanya ada tempat tidur tanpa kasur dan kursi serta meja yang nyaris rusak.

Lantainya masih tanah liat. Gubuk berdinding anyaman bambu itu dibangun oleh sejumlah warga setempat yang prihatin melihat kondisi Sutomo. ”Saya tinggal sendirian, karena istri sudah meninggal lama. Saya ingin lantai gubuk saya dipelur (disemen) supaya kalau hujan nggak becek, nyamuknya juga nggak banyak,” ujarnya.

Komentar


VIDEO TERKINI