Tanaman Ganja Tertentu Dianggap Bisa Tingkatkan Resistensi Corona

Selasa, 12 Mei 2020 09:59

Tanaman Ganja

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Muncul spekulasi terkait sebuah penelitian awal yang menyatakan, bahwa jenis ganja tertentu dari obat psikoaktif canabis atau marijuana dapat meningkatkan resistensi terhadap virus corona (Covid-19).

Profesor Ilmu Biologi di Universitas Lethbridge, Kanada mengatakan, bahwa diperkirakan bahwa beberapa jenis ganja, juga umum disebut cannabis atau marijuana, dapat mengurangi kemampuan virus untuk memasuki paru-paru, di mana ia bisa bertahan, bereproduksi, dan menyebar.

Kovalchuck dan rekannya menerbitkan makalah mereka tentang hal ini di preprints.org, sebuah laman jurnal ilmiah di mana para ilmuwan dapat mempublikasikan hasil penelitian mereka tanpa diperiksa oleh ahli.

Dalam makalah itu, mereka menuliskan bahwa jenis ganja yang mereka kembangkan secara khusus, mampu menghentikan virus memasuki tubuh manusia.

Penelitian ini adalah salah satu dari banyak makalah global yang telah dibagikan di situs web pracetak, termasuk preprints.org, dalam upaya menyebarluaskan temuan awal terkait pengobatan potensial dari COVID-19, yang belum melewati pemeriksaan ahli yang ketat.

Menurut Kovalchuck, virus corona membutuhkan “reseptor” untuk memasuki sel inang pada manusia. Reseptor itu dikenal sebagai “angiotensin-converting enzyme II, atau ACE2. Sedangkan ACE2 sendiri ditemukan di jaringan paru-paru, di lendir mulut dan hidung, di ginjal, testis, dan saluran pencernaan.

“Teorinya adalah bahwa dengan memodifikasi level ACE2 pada “pintu masuk” ke sel inang manusia, maka dimungkinkan untuk menurunkan kerentanan terhadap virus. Hal ini pada dasarnya dapat mengurangi risiko infeksi,” jelas Kovalchuck.

Komentar


VIDEO TERKINI