Tangani Covid-19, Tiongkok-Korut Perkuat Hubungan Bilateral

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID-- Di tengah pandemi Covid-19, Tiongkok mengungkapkan keinginan memperkuat hubungan bilateral dengan Korea Utara (Korut).
Hal tersebut diungkapkan Presiden Tiongkok Xi Jinping lewat pesannya kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Dikutip dari Korean Central News Agency (KCNA) pada Selasa (12/5), dalam suratnya, Xi Jinping mengatakan bahwa dia ingin mendorong kemajuan dan perkembangan hubungan Tiongkok-Korut di masa yang baru. Sebab Tiongkok ingin secara aktif berkontribusi pada perdamaian, pembangunan, dan kemakmuran regional.

Tentunya dengan melaksanakan perjanjian penting, memperkuat komunikasi strategis serta mengintensifkan pertukaran, dan kerja sama antara kedua negara.

Pesan tersebut dikirim Xi sebagai balasan surat yang dikirim Diktator Korut, Kim Jong-un pekan lalu. Dalam suratnya kepada Xi, Kim menyampaikan selamat karena Tiongkok berhasil menangani wabah Covid-19.

Untuk itu dalam suratnya, Presiden Xi Jinping juga menyatakan siap membantu Korut dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Meskipun di Korut sendiri saat ini belum ada laporan terkait adanya infeksi Covid-19 dari masyarakatnya atau penyelenggara negaranya.

Meski demikian, seperti dilansir dari South China Morning Post (SCMP), Xi mengatakan dia tetap sangat prihatin dengan situasi di Korea Utara dan kesehatan rakyatnya. Untuk itu, kantor berita negara Xinhua melaporkan bahwa Xi telah bersedia meningkatkan kerja sama untuk mengatasi pandemi di Korea utara. Yakni dengan memberikan bantuan kepada negara tersebut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan