Bayar Denda, Polisi Wajibkan Warga Cuci Uang hingga Bersih

Rabu, 13 Mei 2020 14:58

Pelanggar lalu lintas memasukan uang denda ke dalam plastik yang disediakan polisi. Foto: Cartoq

FAJAR.CO.ID, NEW DELHI – India menerapkan kebijakan lockdown demi memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Hanya warga yang membawa surat izin diperbolehkan bepergian dengan kendaraan.

Untuk mengantisipasi agar warga tidak keluyuran tanpa kepentingan mendesak, pasukan kepolisian India pun diterjunkan di berbagai wilayah untuk memantau pelanggaran lockdown.

Polisi India juga menyiapkan pos pemeriksaan, di mana setiap pengguna jalan wajib menunjukkan surat izin. Jika terbukti tidak memiliki surat, maka akan dikenakan denda.

Meski demikian, pihak kepolisian tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Pasalnya, polisi merupakan salah satu profesi yang rentang tertulari virus Corona.

Dikutip dari Cartoq, Rabu (13/5), untuk mencegah penularan, bagi pelanggar yang ditilang di tempat harus memastikan bahwa uang pembayaran denda sudah bersih.

Dari unggahan video itu terlihat, polisi lalu lintas yang bertugas menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan uang kertas sebelum menerima denda.

Video itu menunjukkan, banyak pengguna jalan yang melanggar aturan lockdown menyerahkan uang denda ke petugas.

Ketika pelanggar membayar denda di tempat dengan uang tunai, polisi langsung meneteskan hand sanitizer dan meminta mereka untuk menggosok hingga bersih.

Setelah itu, pelanggar harus memasukan ke dalam kantong plastik.

Meski belum diketahui apakah cara ini bisa membunuh virus Covid-19 di uang kertas atau tidak. Namun, ini merupakan cara polisi agar tidak tertulari virus.

Bagikan berita ini:
4
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar