Liga Jerman Jadi Kelinci Percobaan

Rabu, 13 Mei 2020 17:59

Logo Bundesliga / Rafael Henrique / SOPA Images / LightRocket via Getty Images

FAJAR.CO.ID, BERLIN—Bundesliga akan menjadi Pilot Project di Eropa. Setelah diskorsing selama dua bulan, Liga Sepak Bola Jerman (DFL) sudah memutuskan melanjutkan kompetisi divisi pertama dan kedua pada 16 Mei, akhir pekan ini.

Keputusan ini muncul meski dua pemain Dynamo Dresden, akhir pekan lalu kembali dinyatakan positif virus corona. Sebelumnya itu, tiga anggota skuat FC Koln sudah lebih dulu dinyatakan positif COVID-19 pada pengujian yang dilakukan pekan lalu.

Berbicara kepada ZDF, CEO Bundesliga, Christian Seifert, mengatakan bahwa apa yang terjadi di Dresden tidak mengubah rencana mereka. Menurutnya, meski pemerintah setempat meminta klub mengkarantina para pemain, tidak berarti liga tidak bisa dimulai Sabtu mendatang.

“Untuk divisi kedua itu berarti saat ini dari 81 pertandingan, dua pertandingan Dynamo Dresden tidak dapat dimainkan. Kita harus melihat bagaimana kita menghadapinya. Kami tidak mengubah tujuan kami dan kami tidak mengubah rencana kami. Tujuannya tetap untuk menyelesaikan musim,” tegas Seifert dikutip dari The Guardian.

Menurut Seifert, ini hanya persoalan pengaturan jadwal saja. “Itu hanya hipotetis untuk berbicara tentang apa yang akan terjadi jika hal yang sama terjadi pada tim lain. Banyak tim sedang diuji untuk ketiga kalinya, keempat dan sekarang kami memiliki kasus khusus Dresden,” jelas Seifert.

Tim-tim Bundesliga sejak bulan lalu sudah mempersiapkan diri mereka untuk melanjutkan kompetisi. Selain latihan dan isolasi setelah pengujian Covid-19, mereka sengaja memilih hotel yang lebih dekat ke lokasi latihan dan bandara.

Kepala Eksekutif Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke kepada grup media Funke menegaskan, mereka tidak berharap sisa musim diselesaikan dengan mudah. “Tes dan hasil ini (Dresden) juga merupakan tanda transparansi kami,” ujarnya di Reuters.

Kiper sekaligus kapten Bayern Munchen, Manuel Neuer sementara itu mengatakan, Bundesliga kini menjadi perhatian dunia. Sebagai liga pertama yang bergulir kembali di tengah pandemi virus corona, mereka akan jadi rujukan kompetisi lain. “Mata Eropa dan seluruh dunia akan tertuju pada (Bundesliga)” tulis Neuer di FAZ.

Sebagai “kelinci percobaan”, hanya ada dua hasil dari keputusan melanjutkan Bundesliga. Membuktikan bahwa sepak bola bisa kembali dimainkan atau sebaliknya, ini menjadi bencana yang tak terselesaikan. Tapi, memang harus ada yang menjadi proyek percontohan. (amr)