Lima ABK Kapal Pesiar AS Dipulangkan ke Sulsel, Begini Kondisi Mereka

Rabu, 13 Mei 2020 11:15

Lima ABK Kapal Pesiar AS dipulangkan ke Sulsel.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Unit Pelayanan Teknis Makassar, telah memfasilitasi pemulangan lima orang PMI ABK kapal pesiar Quantum, Selasa (12/5/2020).

Kelimanya dipulangkan lantaran sudah tidak ada yang dapat dikerjakan, dampak dari merebaknya wabah di Wuhan sehingga kapal-kapal di AS tidak lagi menerima tamu.

Kasi Perlindungan BP2MI UPT Makassar, Purworini Indah Setyasih mengatakan PMI tersebut berasal dari Palopo, Barru, Luwu Timur, dan Makassar. Mereka bekerja di Kapal Pesiar Quantum Amerika Serikat rata-rata baru berjalan 2-6 bulan, sejak Februari 2020 semenjak wabah Covid-19 terjadi di Wuhan.

Lanjutnya, kemudian Perusahaan kapal pesiar tersebut berhenti beroperasi dan memulangkan seluruh ABK nya ke negara asal, termasuk kurang lebih 600 ABK dipulangkan ke Indonesia.

“Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh para PMI tersebut disertai bukti hasil tes Swab bahwa mereka telah menjalani rapid test dan swab lab covid-19 di Pelabuhan Benoa, Denpasar 9 Mei 2020 hasil menyatakan bahwa mereka negative covid-19,”tuturnya.

Fungsional Pengantar Kerja BP2MI UPT Makassar, M Arif mengatakan BP2MI mencatat periode Januari sampai dengan akhir awal Mei 2020 kurang lebih 126,742 PMI kembali ke tanah air telah difasilitasi oleh BP2MI baik melalui darat, laut dan udara.

Clustering pemulangan PMI meliputi PMI Cuti, masa kerja berakhir, karena pandemi covid negara penempatan memberlakukan lockdown, repatriasi dan deportasi.

Bagikan berita ini:
4
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar