Lima Pergantian Pemain Dikritik

Serie A/Sky Sport

FAJAR.CO.ID, ROMA—Penggunaan aturan lima pergantian pemain ketika Serie A dilanjutkan menuai kritik. Adalah mantan pelatih Roma, Lazio, dan Foggia, Zdenek Zeman yang menganggap itu tidak adil dan menguntungkan klub besar.

Zeman yang berulang tahun ke-73 kepada Radio Rai 1 Un Giorno da Pecora mengatakan, FIFA keliru dengan usulan ini. “Perubahan akan menguntungkan klub-klub yang memiliki skuat yang sangat besar dan dipaksa mengirim bintang ke tribun,” ujarnya di Football Italia.

“Itu akan menjadikannya kampanye yang tidak teratur, karena jika Anda bermain 20 putaran dengan tiga pergantian pemain yang diizinkan, Anda tidak bisa hanya mengubah aturan setengah jalan,” lanjut Zeman.

Ia juga tidak sependapat Serie A dilanjutkan tanpa penonton. Makanya, ia menganggap lebih baik tidak melanjutkan kompetisi. Apalagi, menurutnya, kondisi saat ini masih sangat berbahaya. “Sepak bola adalah tontonan bagi orang-orang, jadi tidak ada gunanya,” ujarnya.

“Saya rindu sepakbola, dan saya akan menonton pertandingan jika mereka melanjutkan, tapi saya benar-benar berharap mereka tidak melakukannya. Saya menyadari sepak bola ingin dilanjutkan karena mereka membutuhkan uang, tetapi dengan 30.000 kematian banyak yang harus dihadapi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala petugas medis sepakbola, Profesor Enrico Castellacci menyarankan bahwa jika ingin Serie A dilanjutkan, mereka mesti mengikuti protokol Bundesliga terkait COVID-19. “Jika mereka benar-benar ingin melanjutkan Serie A, mereka akan menyalin metodologi Bundesliga, karena sejauh ini yang paling dapat diterima,” kata Profesor Castellacci kepada TMW Radio.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar