Ombudsman Makassar Nilai Pelayanan Disdukcapil Lemah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Lembaga Independen pengawas pelayanan publik, Ombudsman Kota Makassar, menilai, pelayanan Disdukcapil Makassar masih lemah dan tidak transparan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisioner Ombudsman Makassar Dr Muh Irwan. Pihaknya pun mendorong Pemerintah Kota Makassar untuk segera memberikan kepastian layanan untuk memperoleh KTP-elektronik bagi masyarakat.

Langkah ini dilakukan setelah Ombudsman Kota Makassar melakukan pemantauan penyelenggaraan KTP-el di Kota Makassar belum lama ini.

"Selain persoalan infrastruktur, ketidakpastian layanan seperti lamanya waktu pencetakan serta prosedur perbaikan data KTP-eleketronik masih menjadi persoalan serius yang menjadi temuan Kami," kata Irwan, Rabu (13/5/2020).

Irwan menambahkan, seharusnya apapun persoalan yang sedang dihadapi saat ini Pemerintah Kota Makassar terkait pandemi virus covid-19 bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

"Itu kan tugas Anda sebagai abdi negara dan menjadi hak masyarakat tentunya untuk memperoleh layanan tersebut. Apalagi, pelayanan KTP-el adalah salah satu hak masyarakat yang juga sangat bersentuhan dengan pemenuhan kebutuhan dasarnya," katanya.

Maka, lanjut Irwan, kepastian layanan tersebut bagi masyarakat jangan sampai terganggu. Misalnya ada kendala dalam proses pelayanan KTP-el, Pemerintah melalui disdukcapil sebaiknya menyampaikan informasi tersebut secara jelas kepada pihak- pihak terkait baik itu lembaga ataupun masyarakat.

"Sehingga masyarakat dapat memperoleh kepastian layanan KTP-elektronik, karena fakta di lapangan menunjukkan, beberapa kelurahan, kecamatan dan pihak- pihak terkait tidak mengetahui update informasi prosedur palayanan online yang ditawarkan disdukcapil dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini khususnya yang berkaitan dengan prosedur pelayanan KTP-elektronik. Belum lagi masalah layanan online yang ditawarkan melalui website disdukcapil itu juga sekadar formalitas saja," urainya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan