Prof Husain Syam, Sang Visioner Coto Begadang

Rektor UNM, Prof Husain Syam menyambut Direktur Redaksi Harian FAJAR, Faisal Syam.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Waktu berbuka puasa masih cukup lama. Sekitar enam jam lagi, azan Magrib berkumandang. Tetapi, coto sudah menjadi pembahasan di siang bolong.

Untung saja Direktur Redaksi Harian FAJAR, Faisal Syam beserta tim tidak tergoda. Kalau tidak, coto yang dibahas Rektor UNM, Prof Husain Syam, bisa berabe. Harus siap membayar tunggakan puasa nantinya.

Faisal Syam, memang sudah menjadwalkan waktu untuk mengunjungi Husain Syam di kantornya, Lantai 7 Menara Phinisi UNM, Selasa (12/5/2020), kemarin. Katanya, bersilaturahim di bulan suci Ramadan, sudah menjadi agenda rutin Harian FAJAR.

Karena keduanya memiliki kesamaan nama belakang “Syam”, perbincangan sangat lepas. Suasana kekeluargaan sangat terasa. Membahasa apa saja nyambung. Baik membahas dunia pendidikan, entrepreneur, Covid-19, sampai membahas coto.

“Saya kan sangat suka makan coto Makassar. Dulu, tahun 80-an, penjual coto di sini (Makassar) hanya ada tiga. Salah satunya ada di kerung-kerung (nama jalan). Setiap saya mau pergi makan coto, selalu kehabisan. Padahal masih jam sembilan pagi,” kata Husain Syam saat mengisahkan masa lalunya.

Husain Syam masih seorang siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Makassar saat itu. Karena keseringan tak kebagian, kekesalannya ditumpahkan ke pedagang. Tak akan pulang ke rumah jika tak menceramahi si pedagang coto.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...