Sukamta: Saya Tidak Habis Pikir, Apa yang Ada di Benak Pak Presiden

Rabu, 13 Mei 2020 15:48

Wakil Ketua Fraksi PKS, Sukamta --jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pemerintah berencana melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satunya adalah dengan mengizinkan masyarakat umur di bawah 45 tahun kembali beraktivitas di luar rumah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Fraksi PKS, Sukamta memandang, wacana tersebut merupakan rencana gegabah dan berisiko membahayakan keselamatan rakyat. “Saya tidak habis pikir, apa yang ada di benak Pak Presiden dan jajarannya. Mengapa selalu keluar statement yang membuat bingung masyarakat,” ujar Sukamta kepada wartawan, Rabu (13/5).

Sukamta mengatakan, pemerintah awalnya telah menerapkan PSBB, yang membatasi kegiatan masyarakat dan operasional transportasi. Tetapi dalam perjalanannya, beberapa waktu lalu keluar pernyataan dari Menko Polhukam Mahfud MD rencana melonggarkan PSBB.

Kemudian disusul pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyatakan membuka kembali operasional moda transportasi. Belum selesai kebingungan masyarakat, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan rencana longgarkan aktivitas bagi warga usia di bawah 45 tahun.

“Ini semakin memperkuat dugaan pemerintah hingga hari ini tidak punya konsep untuk tangani Covid-19,” katanya.

Menurut Sukamta, harusnya pemerintah mengevaluasi terlebih dahulu kebijakan yang sudah dilaksanakan terdahulu, sebelum melakukan pelonggaran. Sebab, angka penyebaran Covid-19 hingga saat ini masih sangat fluktuatif.

Bahkan pada Sabtu (9/5) lalu, ada penambahan 533 kasus yang merupakan rekor sejauh ini. Lebih lanjut dia menilai, jika pelonggaran dilakukan atas dasar pertimbangan ekonomi, maka hal itu bisa jadi bumerang.

Bagikan berita ini:
6
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar