Cara Zaskia Adya Mecca Ajarkan Agama pada Buah Hati

Kamis, 14 Mei 2020 11:51

Zaskia Adya Mecca

FAJAR.CO.ID– Zaskia Adya Mecca dan sutradara Hanung Bramantyo sepakat tidak mau mengajarkan agama sebagai dogma kepada anak-anak. Pengalaman belajar agama sewaktu kecil dimana mereka ditakut-takuti akan ancaman neraka ketika tidak melaksanakan ibadah tidak mereka terapkan ke keempat buah hati.

“Aku sama Mas Hanung nggak pernah ngajarin anak-anak, ‘ayo salat, puasa, kalau nggak nanti Allah marah, masuk neraka.’ Itu pengajaran yang aku dapetin pas waktu kecil dulu,” aku Zaskia Adya Mecca belum lama ini.

Sebaliknya, pasangan yang memiliki empat orang anak itu mengajarkan agama ke anak sebagai suatu kebutuhan. Pola pengajaran pun otomatis berbeda jauh karena agama berusaha dijelaskan dengan pendekatan yang lebih masuk akal.

“Aku jelasinnya ke anak-anak gini. Ayo Sybil, Kala, Kaba, kalian harus puasa karena apa? Kita bersyukur Allah kasih kita tempat tinggal yang nyaman, kita kumpul bareng, kita bisa makan yang enak,” tutur Zaskia Adya Mecca.

“Kalau puasa, kamu coba jalan tiap hari selama setahun capek kan? Nah usus kamu juga capek tiap hari kerja. Kita kasih istirahat yuk, karena kita sayang sama badan kita,” imbuhnya.

Pemain sinetron Kiamat Sudah Dekat itu mengaku pendekatan semacam ini cukup ampuh. Anak-anak tidak lagi memandang beragama sebagai sebuah kewajiban tapi suatu kebutuhan yang harus mereka laksanakan. Alhasl, anak-anak Zaskia Adya Mecca pun jadi lebih mudah ketika diajak melaksanakan ibadah.

Bagikan berita ini:
2
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar