Di Bawah 45 Tahun Boleh Bekerja, Disnaker Sulsel Tekankan Protokol Kesehatan Diutamakan

Kamis, 14 Mei 2020 15:44

Andi Darmawan Bintang

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan mendukung kebijakan pemerintah pusat, soal warga di bawah 45 tahun yang dibolehkan kembali bekerja saat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang mendukung kebijakan tersebut dengan alasan dapat memutar roda perputaran ekonomi menjadi lebih baik. Namun ia menekankan agar protokol kesehatan Covid-19 tetap harus diutamakan.

“Usaha itu untuk menggerakkan kembali roda ekonomi, sambil kita juga berjaga-jaga terkait kemungkinan penyebarluasan COVID-19 ini. Hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan tetap prioritas,” ucapnya, Kamis (14/5/2020).

Meskipun begitu kata dia terkait kebijakan Pemerintah Pusat yang memperbolehkan masyarakat berusia di bawah 45 tahun bekerja, menurutnya hal tersebut tidak tercantum pada perundang undangan. Melainkan anak di bawah usia 18 tahunlah yang tidak dapat bekerja.

“Di usia 45 tahun ke bawah bisa bekerja sebenarnya konteksnya itu sesuai dengan perundang-undangan, diperundang-undangan tidak ada yang diatur berapa umur maksimum yang bisa bekerja, justru anak dibawah 18 tahun yang tidak boleh bekerja,” bebernya pada Fajar.co.id.

Namun kata dia, pekerja di bawah 45 tahun tersebut tetap dapat berkerja asalkan dengan pengawasan dan hanya bekerja di 11 sektor yang telah ditentukan oleh kebijakan Pemerintah Pusat.

“Dipekerjakan terhadap sektor sektor tertentu saja jadi apapun bentuknya itu menyangkut usaha untuk yang bersangkutan dengan protokol kesehatan harus tetap dihormati atau dijalankan,” tutup Darmawan Bintang. (anti/fajar)

Bagikan berita ini:
4
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar