FBI Ungkap Pejabat Arab Saudi Mussaed Ahmed al-Jarrah Terlibat Serangan WTC

Kamis, 14 Mei 2020 09:54

ilustrasi-- Tragedi World Trade Center (WTC). Hampir 3 ribu korban tewas dan luka lainnya berjatuhan saat itu. (Akcenty)

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON – Serangan teror 11 September 2001 (9/11) yang menyasar markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) Pentagon, dan menara kembar World Trade Center (WTC) di New York ternyata punya kaitan dengan pejabat Arab Saudi. Hal itu terungkap dalam laporan Biro Penyelidik Federal AS yang lebih dikenal dengan sebutan FBI.

Laporan itu dituangkan dalam tanggapan atas gugatan keluarga korban 9/11 yang mempersoalkan dugaan keterlibatan Pemerintah Arab Saudi dalam serangan teror tersebut. Gugatan itu didaftarkan pada April silam, namun baru dibuka ke publik pada pekan lalu.

Kantor berita Fars News melaporkan, investigas FBI mengarah pada seorang pejabat Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington pada era 1999-2000. “FBI membocorkan identitas pejabat Saudi di Kedutaan Saudi Arabia di Washington yang mendukung dua operasi al-Qaeda dalam insiden tersebut,” tulis kantor berita yang berbasis di Iran itu.

Sementara kantor berita Anadolu menyebut pejabat Saudi yang terlibat teror al-Qaeda itu bernama Mussaed Ahmed al-Jarrah. Kantor berita yang bermarkas di Ankara, Turki itu menyebut Musaaed merupakan pejabat menengah di Kementerian Luar Negeri Arab Saudi yang ditugaskan di Washington sebelum teror 9/11.

Saat bertugas di Kedutaan Besar Saudi di Washington, Mussaed berkamuflase dengan menjadi penasihat bidang kebudayaan. “Dia bertanggung jawab dalam mengawasi aktivitas pegawai Kementerian Urusan Islam di masjid-masjid dan pusat-pusat keislaman di AS yang didanai Saudi,” tulis Anadolu merujuk laporan FBI.

Komentar


VIDEO TERKINI