Hadirkan Guru Besar dari Taiwan, FKM UNHAS Gelar Webinar International on Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin mengadakan Webinar International on Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan secara online, Kamis (14/05/2020).

Webinar ini menghadirkan dua Pemateri dari luar negeri yaitu Prof. Li-Sheng Chen dari Taipei Medical University Taiwan dan Hishamuddin Badaruddin yang merupakan Director and Public Healthcare Leader, Deloitte Consulting South-East Asia.

Dekan FKM Unhas, Aminuddin Syam mengatakan pihaknya berharap pemaparan dari kedua pemateri akan memberikan insight yang baru bagi penanganan Covid-19 di Indonesia. Seperti diketahui saat ini, pandemi Covid-19 masih terus mewabah.

“Kedua pemateri memberikan materi mengenai pengalaman Taiwan dan Singapura dalam penanggulangan Covid-19. Karena kita tahu dua negara ini tergolong berhasil dalam mengendalikan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Prof Li-Sheng Chen menyampaikan bahwa pengalaman Pandemi penangangan SARS Taiwan sebelumnya merupakan salah satu kunci keberhasilan penanganan Covid-19 saat ini. Selain itu monitoring penyebaran dengan kurva epidemik dan penggunaan Data epidemiologi sangat membantu dalam menentukan kebijakan mitigasi dan penanganan Covid-19 di Taiwan.

Hishamuddin Badaruddin dari Singapura menekankan pada karantina dan isolasi. Selain itu penggunaan teknologi informasi dalam tracing kontak dan mendeteksi lokasi kasus juga sangat membantu dalam pengendalian Covid-19 di Singapura

Moderator webinar, Ansariadi yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi mengatakan sharing pengalaman dari berbagai negara akan sangat membantu dalam menentukan intervensi di Indonesia walaupun kedua negara ini jumlah penduduknya sangat kecil dibandingkan Indonesia.

  • Bagikan