Libatkan RT/RW, Pemkot Gelar Rapid Test di 4 Kecamatan Episentrum Covid-19

Pj Walikota Makassar, Yusran Jusuf

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar rencananya akan melakukan rapid test di empat kecamatan episentrum Covid-19.

Diketahui, kecamatan yang menjadi target adalah Panakkukang, Rappocini, Tamalate, dan Biringkanaya. Di mana empat kecamatan tersebut merupakan kecamatan penyumbang pasien positif terbanyak di Kota Makassar.

Pj Walikota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, dalam penerapan rapid tes nantinya akan melibatkan pihak RT/RW yang lebih mengetahui kondisi warganya.

“Kita akan scan semua suhu tubuh, yang berpotensi suhunya di atas rata-rata akan dilanjutkan dengan test rapid. Jika nanti hasilnya reaktif maka akan direkomedasikan dikarantina di Hotel Swiss Bell,” kata Yusran, Rabu (13/5/2020) malam.

Lebih lanjut, kata Yusran, jika nanti di lapangan menemukan banyak masyarakat (reaktif) maka tidak usah khawatir, berarti itu menandakan rapid test berhasil.

“Tujuannya kita untuk mendeteksi orang pembawa virus (carrier). Kalau itu semua berhasil dideteksi, maka itu akan mengurangi transmisi lokal,” jelas Yusran.

Mengenai kapan dilaksanakan, Yusran menuturkan supaya segera dilakukan dan tidak lewat dari minggu ini. “Kita akan kerjasama dengan puskesmas dan tentu saja akan ada petugas yang mobile,” bebernya.

Sementara itu, jumlah alat yang dibutuhkan sekitar 1000an rapid test. “Kondisi peralatan yang dimiliki saat ini tidaklah terlalu banyak kekurangan,” tutupnya.(ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...