Serentak Dicairkan, Besok Pegawai Pemerintah Se-Sulsel Terima THR

Sudarmanto DJPB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -– Menjelang hari raya Idul Fitri, kabar gembira datang bagi para punggawa pemerintah dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Tahun (THR) kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pegawai Non PNS dan Penerima Pensiun atau Tunjangan oleh Presiden Joko Widodo.

Guna percepatan pelaksanaan pencairan THR 2020, Kementerian Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49/PMK.05/2020 sebagai juknis pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya tahun 2020.

Sebagai tindak lanjut peraturan tersebut, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp29,382 triliun. Jumlah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan anggaran THR tahun lalu yang sebesar Rp40 triliun.

Anggaran tersebut sudah termasuk penghematan sekitar Rp 6 triliun karena beberapa golongan eselon dan pejabat tidak mendapatkan THR tahun ini mengingat kondisi keuangan negara yang sedang berat karena penanganan Covid-19.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Sudarmanto menjelaskan, bahwa untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, alokasi anggaran yang disiapkan sekitar Rp298,18 miliar untuk pemberian THR kepada 76.199 orang Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota POLRI dan Pegawai Non PNS.

“Angka ini jauh lebih kecil dibanding tahun 2019 yang mencapai Rp393,66 miliar dengan jumlah penerima 77.839 orang,” kata Sudarmanto, Kamis (14/5/2020).

KONTEN BERSPONSOR

Komentar

Saksikan video berikut: