Tingkatkan Ketahanan Pangan, DKP Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo meninjau kebutuhan dan stok pangan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, menilai pemanfaatan pekarangan dapat mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid-19 yang ditengarai dapat menimbulkan ancaman krisis.

Kepada Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Sri Susilawati mengatakan, lahan-lahan tidur yang tidak produktif dapat diubah menjadi kebun-kebun demontration plot (Demplot).

“Kebun-kebun demplot sebagai pusat pembelajaran budidaya tanaman bagi masyarakat dan pusat pembibitan yang bukan saja untuk memenuhi kebutuhan kelompok tapi juga masyarakat sekitarnya yang membutuhkan,” katanya, Kamis (14/5/2020).

Dirinya berharap tiap daerah bisa menjadikan bahan pembelajaran dan sekaligus menggaet masyarakat agar tertarik melakukan hal serupa.

Lebih jauh Sri menjelaskan bahwa upaya ini juga sekaligus menindaklanjuti harapan dari Pj Walikota Sendiri dalam menciptakan ketahanan pangan kota pada tingkat rumahan.

Selain itu, pembinaan juga terus dilakukan dengan memperhatikan protokol Covid-19 di berbagai daerah. Berbagai jenis tanaman mulai ditanam masyarakat semisal Tomat, Kangkung dan Cabai.

“Dengan menanam cabai, di pekarangan maka kebutuhan cabai di rumah tangga dapat terpenuhi, sehingga tidak perlu lagi ke pasar,” jelasnya.

Tak hanya itu, masyarakat bisa mencoba peluang budi daya tanaman, di tengah situasi ekonomi yang sedang terpuruk.

“Inovasi dalam membangun ketersediaan (pangan) dilakukan juga secara masif melalui program pemanfaatan lahan pekarangan warga dengan metode vertikal garden,” tutup Sri. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...