Uji Coba E-Coklit, KPU Makassar: Masih Banyak Errornya

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — KPU Kota Makassar menggelar uji coba E-Coklit di Kecamatan Manggala dan Kecamatan Mamajang, Kamis (14/5/2020).

Uji coba dilakukan di kediaman ketua RT Kompleks Pemda Blok C No 6 RT 01 RW 12 Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala dan Kediaman Ketua RT di Jl Kancil Utara No 64 Kelurahan Bonto Biraeng Kecamatan Mamajang.

Tujuan uji coba tersebut adalah untuk melihat kekurangan dan kelebihan aplikasi E-coklit yang akan digunakan untuk proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang direkrut oleh KPU Kota Makassar.

Anggota KPU Makassar, Romy Harminto menuturkan, aplikasi E-coklit yang akan digunakan ini masih banyak ditemukan kelemahan dan kendala dalam penggunaannya bahkan belum bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kita akan terus memperbaiki dan menyempurnakan aplikasi e-coklit ini, karena seperti yang kita lihat sekarang masih banyak error nya, tentunya ini menjadi catatan kami dalam uji coba hari ini,” jelas Romy.

“Aplikasi e-coklit yang akan kita gunakan nanti tentunya harus bisa di smartphone berbasis Android dan iPhone manapun, setidaknya di spesifikasi minimal RAM 1 GB, kita akan terus menyempurnakan nya sebelum resmi digunakan,” papar Romy.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari yang turut hadir dalam uji coba e-coklit itu menyampaikan, KPU Kota Makassar harus punya strategi untuk melakukan pemutakhiran data di tengah Pandemi Covid-19.

Komentar

Loading...