Warga Tiongkok Jadi Sasaran Rasis di Kanada Gegara Virus Corona

Kamis, 14 Mei 2020 10:04

Ilustrasi perempuan Tiongkok mengenakan masker. Imbas dari wabah Covid-19, sejumlah tindakan rasis terhadap perempuan ke...

FAJAR.CO.ID, KANADA — Tindakan rasis pada warga etnis keturunan Tiongkok terjadi di banyak negara. Itu karena Tiongkok dianggap sebagai biang keladi penyebar virus corona jenis baru yang menyebabkan pandemi. Terbaru tindakan rasis terjadi di Kanada.

Dua perempuan keturunan Asia atau berwajah oriental diserang oleh seorang pria tak dikenal. Kedua perempuan itu memakai masker lalu diserang seperti dilansir South China Morning Post, Rabu (13/5).

Menurut Kepolisian Transit Metro Vancouver, pria tak dikenal itu naik bus di pusat kota lalu segera mengalihkan perhatiannya kepada perempuan berwajah oriental. Sang pria memaki dua perempuan itu.

“Kembali ke negaramu, di situlah (virus corona) semuanya dimulai,” katanya membentak.

Polisi mengatakan pria itu kemudian menyerang perempuan ketiga yang datang melindungi teman-temannya. Tiga hari sebelum serangan itu, seorang pria yang berbeda di Vancouver juga menyerang seorang perempuan Asia yang mengenakan hoodie. Dia mendongak sebelum pria itu meninju wajahnya, hingga terkapar ke tanah. Saat korban berusia 22 tahun itu mencengkeram kepalanya dan berbalik ke arah penyerangnya, pria itu sudah berlalu pergi.

Kasus lain terjadi pada 8 April. Perawat keturunan Tiongkok, Katherine Cheung mengatakan dia dan seorang temannya sedang menunggu pesanan makanan di pusat kota Toronto ketika seorang perempuan berusia 60-an melecehkan mereka. Perempuan tua itu memukuli Cheung dan temannya dengan payung dan kemudian meludahinya. Cheung saat itu mengenakan masker.

Komentar


VIDEO TERKINI