Asyik! PNS dan 48 Ribu Pensiunan Terima THR

FAJAR.CO.ID, MANADO-- Asyik. Hari ini, Jumat (15/5) pegawai negeri sipil maupun pensiunan mulai menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Khusus Sulawesi Utara (Sulut), ada 48.536 pensiunan dipastikan menerima THR.

Berikut kesiapan pembayarannya. Branch Manager PT Taspen Cabang Manado Pusporini membeber, pembayaran THR akan melalui 13 mitra bayar dengan total anggaran sebesar Rp127.275.288.600, melalui 199 titik juru bayar pensiun perbankan dan PT Pos.

Dia menjelaskan berdasarkan peraturan Nomor 49/PMK.05/2020, pembayaran THR mengacu pada beberapa hal. Antara lain, THR dibayarkan sesuai dengan besaran gaji Maret. Tidak dikenakan potongan iuran atau potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Kemudian komponen penghasilan THR, bagi penerima tunjangan meliputi pensiunan pokok, keluarga dan atau tunjangan tambahan penghasilan. “Dalam hal penerima pensiunan dan penerima tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan, maka THR diberikan salah satu yang jumlahnya lebih besar,” sebutnya.

Dia menekankan, terkait prosedur pembayaran THR di masa pandemik Covid-19 ini telah diberitahukan pada seluruh mitra bayar. Agar dilakukan dengan cara yang baik dan tetap menerapkan social distancing. “Kami sudah memberitahu semua prosedur yang harus dilakukan para mitra bayar,” tukasnya.

Dari sisi mitra bayar, Direktur Utama (Dirut) BDR Dave Pinontoan membeber, pihaknya sudah siap mencairkan THR pensiunan sesuai dengan petunjuk yang diberikan PT Taspen. Dia menekankan, untuk menghindari kerumunan saat pandemik Covid-19 ini, penerimaan dilakukan beberapa hari sesuai dengan jadwal. “Kami sudah menghubungi penerima melalui via telpon sejak Selasa lalu,”sebutnya, kemarin.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...