Bandara Buntu Kunik Diresmikan Agustus, SK Penutupan Bandara Pongtiku Dikirim ke Kemenhub

Jumat, 15 Mei 2020 12:11

Proyek Bandara Buntu Kunik beberapa waktu lalu

FAJAR.CO.ID.MAKALE– Bandara Pongtiku, Tana Toraja telah diusulkan untuk ditutup menyusul rencana peresmian Bandara Buntu Kunik Mengkendek.

Kepala Bandara Pongtiku Jafryadi mengatakan penutupan Bandara Pongtiku dilakukan karena sebagian peralatan akan dibawa ke bandara baru.

“SK penutupan bandara Pongtiku sudah dikirim ke Kemenhub , perampungan seluruh sarana penerbangan di bandara baru sudah hampir tuntas. Bandara baru sudah terjadwal untuk diresmikan bapak presiden bulan Agustus,” ungkap Jafryadi, Jumat (15/5/2020).

Sebagian peralatan pendukung operasional penerbangan sudah mulai diangkut ke bandara baru. Jadwal peresmian juga sudah diagendakan di sekertariat presiden.

Sebagai informasi, Bandara Buntu Kunik yang terletak di Tana Toraja ini merupakan salah satu lapangan udara yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional pada rentang waktu 2019-2204.

Proyek bandara ini dilakukan secara kontrak tahun jamak (multiyears contract) dan dibangun di atas lahan seluas 141 hektare (ha).

Bandara Buntu Kunik memiliki luas bangunan terminal 1.000 meter persegi dengan kapasitas 150 orang. Selain itu, lapangan udara ini juga punya Taxi way berukuran 124,5 m x 15 m dan panjang apron 94,5 m x 67 m.

Pada 2021, pembangunan bandara masih akan dilanjutkan untuk memotong bukit obstacle di sisi runway, menata kawasan terminal bandara, menyelesaikan akses jalan, parkir dan talud air, serta pengadaan alat penunjang seperti sirene dan Airfield Lighting System (AFL).(fkt/fajar)

Bagikan berita ini:
1
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar